Tulislah mimpimu sendiri, atau selamanya jadi bagian dari mimpi orang lain!

17 November 2013

SAWARNA YANG MENAWAN!!!



Selamat pagi kawan2 blogger dan selamat pagi juga buat gue sendiri *loh? jomblo ya mas?"
Selamat pagi Banten, Selamat pagi Indonesia!!!

Dari berjuta-juta hasil pencarian di google tentang Sawarna, ternyata Blog gue yang kalian buka, kenapa bisa begitu? ya karena gue ganteng. titik. udah gak usah protes. Udah pada tahu Sawarna kan? Ituloh sebuah desa di kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten yang terkenal karena pantainya begitu eksotis, cantik, dan mempesona. Ibaratkan nih ya kalau artis udah kayak Nabilah JKT48 ama temen2nya *jiah langsung dibayangin*. Kalau mobil udah kayak Ferrari 458  atau 459, 460, 461 dst.Ibaratkan jomblo yang jarang pacaran, jadi Sawarna masih alami dan belum ternoda.
Sebelum gue beberin ke kalian semua tentang persiapan, rute, tempat wisata, homestay, biaya dll... gue mau bikin sedikit puisi untuk Sawarna. simak baik2 :

Oh Sawarna..
Aku Rindu..
tamat.

Jiaah gimana puisi gue? keren kan *nyesel nyeseel udah buka blog kampret ini*

Oke oke basa basi selesai, mari kita mulai :D

A. PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT

1. SAWARNA ITU NAMA DESA, BUKAN PANTAINYA
Loh emang iya mas? ia dek, Sawarna itu nama desanya, pertamanya gue juga kaget, gue kirain Sawarna itu nama pantainya. Sama aja kayak orang nyebut "pantai Bali" berarti pantai yang ada di Bali macem Kuta, Sanur, Tanah Lot dll. Sama juga kayak "pantai Sawarna, berarti pantai2 yang ada di Desa Sawarna, ada Pantai Ciantir, pantai Tanjung Layar, Pantai Legon Pari, dsbb *baca terus makanya, nanti gue kasih liat foto2 pantainya yang keren*

2.JANGAN KE SAWARNA SENDIRIAN
Kenapa emang mas? pakek nanya, ia kali ke sana sendirian, yang ada bete setengah mampus di perjalanan. Gue pribadi udah dua kali ke Sawarna, yang pertama sama anak2 komplek itu jumlahnya sekitar 15 orang *lupa maklum udah lama*. Yang kedua sama anak2 kampus itu jumlahnya 10 orang pas. Kenapa bete di perjalanan? Karena rata2 butuh waktu 4 sampai 6 jam untuk sampai ke sana *itu juga kalo dari Serang berangkatnya, gimana kalo berangkatnya dari timika, papua?" Udah gitu jalanannya rusak abis pas deket2 daerah gunung kencana(sebelum malimping), itu kalo yang bawa motor harus sabar dan banyak2 berdoa biar lancar perjalanannya. Serius! akses menuju ke sana belum diuji di ITB dan IPB.

3. DOA ITU PENTING
Sepenting apa mas? Pengalaman gue, semateng apapun persiapan yang temen2 lakukan misalnya kalo bawa motor, olinya diganti dulu, bannya diganti baru, Supra diganti FU tetep aja ada kendala sedikit2 mah, kek misalkan ban bocor, pengapian mati, keujanan terus susah nyala dll..maka dari itu, selalu libatkan Yang Maha Kuasa agar perjalanan menyenangkan dan selamat.

4.GOOGLE MAPS VS PENDUDUK SETEMPAT
Malu bertanya sesat di jalan, ungkapan itu udah kuno, sekarang ada ungkapan baru "malu bertanya, google maps jadi andalan" haha. Iya gue akuin selama perjalanan ke Sawarna gue sering banget cek maps, yaa buat perkiraan aja udah sampe mana, masih jauh apa kagak. Ketimbang tiap ketemu perempatan nanya mulu sama penduduk setempat, ia kalo feelnya lagi bagus, gimana kalo orang yang kita tanya ternyata korban PHP, kan kasian juga dia lagi sedih2nya sendirian di perempatan tiba2 kita yang berboncengan ama cewek nanya2 gitu, nambah iri dia. haha. So, kalau kira2 udah bener2 gak tau jalan, baru deh nanya, dan nanyanya harus sopan, berentiin dulu motornya, jangan nanya sambil motornya digas, kan gak enak kalo yang ditanya lari2 ngikutin kita.

5. BAWA UANG LEBIH
Nah, kalo urusan ini sih udah pada paham ya, kan buat pete2 bensin, makanan, rokok, uang masuk, penginapan dll....

2.RUTE PERJALANAN
 Sumber foto : Kaskus

Ada tiga jalur yang bisa kalian tempuh untuk menuju ke Sawarna :
1. Serang-Pandeglang-Saketi-Malingping-Bayah-Sawarna
2. Serang-Rangkasbitung-Gunung Kencana-Malingping-Bayah-Sawarna.
3. Naik Helikopter, turunnya Loncat ke laut soalnya di sana gak ada Helipad.

Jujur nih, pengalaman gue dua kali ke Sawarna dua2nya lewat jalur yang ke dua, karena jalur ke dua lebih cepet (cepetnya aja 5 jam-an). Tapi ada kekurangannya nih,daerah sekitar gunung kencana jalanannya agak ancur, berlobang, bikin pelek rusak, banyak kerikil di mana-mana kurang bersahabat dengan pengendara mobil, apalagi motor :)

---Terus rute pas pulang dari Sawarna gimana mas?
---Yaa tinggal dibalik aja urutannya dek :D :D :D

3. TEMPAT WISATA

Nah daftar tempat wisata ini ada yg gue kunjungi ada yg enggak, ada juga yg lupa udah dikunjungi atau belum. ini dia.....

1. Pantai Tanjung Layar (Icon-nya Sawarna)
 Tiket masuk : Rp 5.000/orang

Kalau temen2 nyebutnya "surganya Sawarna". Karena emang pantai ini yg jadi destinasi favorit wisatawan. Belum ke Sawarna kalo belum ke Tanjung Layar, kira kira begitu. Kalau mau sampai ke tempat ini kalian harus naik turun perbukitan, nanya aja sama penduduk sana di mana pantai Tanjung Layar, pasti mereka dengan senang hati ngasih tahu. Penduduk sana orangnya ramah2 gak kayak orang kota, nanya bukannya dikasih tahu malah disasarin haha.






Pelataran Batu Tanjung Layar, Airnya lagi surut nih

"Jembatan Gantung" pintu masuknya Tanjung Layar nih

2. Pantai Ciantir
 Tiket masuk : Rp 5.000/orang
 Kalau kalian search di google terus nemu gambar yg mirip2 kek gini :
Maka itulah yang dinamakan Pantai Ciantir, pantai yang pasir putihnya luaaaaaaaassssss banget, bisa maen bola, bikin istana pasir, bahkan bisa bikin istana beneran. Itu foto diambil dari atas perbukitan, tepat di pinggir jalan setelah tanjakan ter"ekstrim" yang ada di Sawarna. Pokoknya tanya deh ke temen2 kalian yg udah pernah ke Sawarna, pasti tahu sama tanjakan ini.

Pantai Ciantir itu surga bagi para peselancar, ombaknya benar2 tarkam.
Dari deretan destinasi wisata Sawarna, pantai ciantir ini adalah yang paling awal tata letaknya kalo kita berangkat dari Serang.

3. Goa Lalay
Tiket masuk : Rp 5.000/orang + parkir gratis + pantai legon pari gratisssss

Legenda peta goa lalay







4. Pantai Legon Pari
tiket masuk : gratissssss 


Untuk sampai ke pantai ini kita harus naik turun bukit dulu kira2 setengah jam, kalau bawa motor titipkan saja di tempat wisata "Goa Lalay".

Sesuai namanya "Legon" yang berasal dari kata "lagoon(eng.) atau laguna(ind.)" yaitu adalah sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Atau bisa juga air yang tertutup di belakang gugusan karang. Biarpun terpisah dari lautan lepas, tapi ombaknya cukup gede.

 5. Pantai Pasir Putih
tiket masuk : gratisssssss

Ini pantai letaknya sebelah pantai tanjung layar, waktu gue ke sana ada bule dari Jerman, tapi sayang gak poto2 :( bulenya cewek :( cakep banget lagi :( . Pasir pantainya luas banget, bisa lihat sunset kalo beruntung.
Kelakuan Jomblo kalo di depannya ada yg gandengan tangan



4. HOMESTAY

Penginapan di sawarna sifatnya "Tawar menawar". Ada yang murah dengan fasilitas seadanya dan ada juga yang harganya mahal tapi ada kulkas, tipi dll... Gue dulu nginap di homestay di kawasan Tanjung Layar, Homestaynya berbentuk rumah *yaiyalah* bayarnya semalem 200limapuluh ribu untuk 10 orang, fasilitasnya dua kasur empuk mirip2 springbed, satu kamar mandi, teras depan yang lumayan lah buat duduk2 santai, sama teras belakang yanag langsung menghadap ke persawahan yang luas banget *gak nyangka kan deket pantai ada sawah*. itu aja, ya namanya juga 250rb 10 orang :D :D :D

Untuk sarana ibadah khususnya umat Islam kalian bisa sholat di homestay, atau kalau mau ke masjid juga ada, gak jauh dari homestay tepatnya di pinggir jalan sebelum memasuki kawasan wisata Tanjung Layar.


5.PERKIRAAN BIAYA

--Gue dan temen2 berangkat naik motor bebek, jadi lumayan irit bensin, bolak balik abis sekitar = 50rb.
--Gue berangkat sore *tidak disarankan untuk kalian*, Sekitar jam 5 sore berangkat dari Serang, sampe Malingping sekitar jam 11 Malam, terus mampir ke Indomart beli cemilan abis = 10rb.
--Santai sejenak di Alun2 Malingping terus lanjut cari makan, Pecel lele harganya = 10rb.
--Setelah itu cari penginapan, karena tidak ada hotel yang cocok dengan isi dompet kami. Akhirnya kami memutuskan menginap di warung, untung ada saung2 bambu yang bisa digunakan untuk tidur. Di warung itu pesan mie dan minum = 10rb.
--Paginya pesen mie dan minum = 10rb.
--Selama di Sawarna makan pop mie dua kali + sgorengan + minum = 20rb.
--Bayar Homestay pete-pete = 25rb
--Bayar tiket masuk wisata 3x5rb = 15rb
--Makan malam = 10rb
--Makan pagi sebelum pulang = 10rb
--Buat yang ngerokok paling pete-petenya 15rb.
--Pete-pete camilan = 20rb

Jadi jumlahnya = 175rb. Tapi itukan dulu awal2 tahun 2013, kalo sekarang mungkin udah pada naik harganya, apalagi kalau memesan Homestay di saat liburan, harganya bisa berkali-kali lipat.  

Nah perkiraan biaya ini bisa jadi pertimbangan buat para jomblo yang mau ngajak gebetannya ikutan ke Sawarna, hahahahahaha buat sendiri aja uangnya belum tentu cukup :p :p

Semoga tulisan ngasal gue ini bisa ngebantu semuanya yang mau ke Sawarna, makasih ya udah baca...
Bersyukur kita tinggal di negeri yang indah ini. Salam!! Indonesia

Follow @Muhamadhaviz :D :D



2 komentar:

Pages

© CORETAN MIMPI, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena